Kamis, 09 Maret 2017

Cara Cepat Menghindari Malas Ngantor



Penyakit ini akan selalu menghantui para karyawan kantoran yang rutin bekerja mengikuti alur waktu yang konstan. Yaitu perasaan malas masuk kantor. Memang ada saatnya seseorang merasa ingin terbebas dari rutinitas, namun kewajiban sebagai manusia yang harus bisa berproduksi untuk mempertahankan hidup, menghalangi itu semua.

Malas masuk kantor, apalagi hari Senin, dari sisi psikologis memang wajar menghinggapi setiap pikiran karyawan. Namun bila terus dibiarkan bisa menghambat kinerja sendiri, kalau tidak dicarikan jalan penyelesaiannya. Karenanya perasaan malas seperti ini perlu dihilangkan.

Untuk keperluan ini, ada beberapa strategi agar perasaan negatif itu tidak selalu datang. Salah satunya adalah membuat perencanaan agar tidak setiap hari kita melakukan kegiatan yang sama. Rasa malas, biasanya datang saat terbangun di pagi hari. Nah di situlah, sering terbayang sebuah rutinitas, yang memicu kemalasan



Nah, sebelum malas tambah menindas, pikirkan sesuatu yang menyenangkan saat akan di kantor nanti. Tentu saja yang masih ada hubungannya dengan pekerjaan, seperti bertemu klien di sebuah tempat yang baru, atau yang sedang banyak dibicarakan orang.

Lalu, bisa juga memakai pakaian kerja yang lebih cerah atau warna favorit. Namun bila wajib pakai seragam, warna yang bisa memicu kegembiraan bisa dialihkan ke aksesoris yang dipakai, seperti tas atau sepatu dan pernak-pernik lainnya.

Sebelum berangkat, usahakan menikmati udara pagi. Tarik nafas panjang, lalu hembuskan sambil memejamkan mata, lalu tataplah langit biru semburat merah yang masih bebas dari polusi. Buat suasana se-rileks mungkin, hingga kejenuhan pun hilang.

Nah, carilah alternatif jalur lain ketika hendak menuju kantor. Mungkin akan tambah jauh, namun, pemandangan baru yang bisa dilihat selama perjalanan, bisa mengalihkan perhatian dari rasa malas. Bisa juga mengajak teman sekantor lain untuk berangkat bareng, dan menikmati jalur baru yang bisa dicari.

Bila kebosanan masih membayang, sediakan waktu sedikit mampir ke kantor teman. Ajak berbincang, hanya sebatas bilang hai saja, karena jangan sampai juga mengganggu waktunya. Niscaya akan ada energi baru yang bisa membuat Anda lebih fresh. Lalu, bila kawan tadi tak keberatan, ajak sekalian minum kopi dan menyantap sedikit kudapan. Sekali lagi jangan lama-lama.

Dan, bila memang rasa malas itu masih enggan berlalu, telat ke kantor bisa memberikan sensasi tersendiri. Tentu jangan sampai kejadian seperti ini terlalu sering dilakukan. Jika bisa, masuk kantor tepat waktu, dengan senyum dan semangat yang selalu baru setiap hari, akan membuat hidup tidak malas lagi. Semua bisa dilakukan jika Anda selalu berpikir positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar